KAILA RATRI KUSUMA DEWI, 1853041005 (2022) KARAKTERISASI TOKOH DALAM NOVEL NEBULA KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (731Kb) |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (636Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakterisasi tokoh dalam novel Nebula karya Tere Liye dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Data dalam penelitian ini berupa bahasa yang tertulis dalam novel Nebula karya Tere Liye. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif adalah prosedur penyelesaian masalah yang diselidiki dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan subjek atau objek penelitian (cerita pendek, puisi, drama, novel) pada saat sekarang bedasarkan fakta yang tampak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakterisasi tokoh dalam novel Nebula dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA dapat dijadikan referensi dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Metode langsung (telling) dan metode tidak langsung (showing) digunakan untuk memunculkan karakterisasi tokoh dalam novel Nebula karya Tere Liye. Terdapat 61 data yang ditemukan pada novel tersebut. Implikasi hasil penelitian ini berupa rencana pelaksanaan pembelajaran untuk pembelajaran sastra di sekolah pada materi novel sesuai dengan KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel dan 4.9 merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulisan di SMA kelas XII. Adapun tujuan pembelajaran yaitu mengidentifikasi karakterisasi tokoh yang terkandung dalam novel yang telah dibaca dan merancang serta mendemonstrasikan sebuah teks novel dengan memerhatikan isi dan kebahasaan novel. Kata kunci : Karakterisasi tokoh, novel, unsur intrinsik, pembelajaran sastra di SMA
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 2208536325 . Digilib |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 01:46 |
Terakhir diubah: | 08 Sep 2022 01:46 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66012 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |