ANALISIS KEMAMPUAN PENDIDIK DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS RENDAH SD NEGERI 2 METRO UTARA

Arum Diniyah Andrajati, 1853053001 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PENDIDIK DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS RENDAH SD NEGERI 2 METRO UTARA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (361Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL TANPA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1402Kb)
[img]
Preview
File PDF
FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (982Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran tematik di Sekolah Dasar terdapat hambatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran tematik kelas rendah di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah pendidik kelas rendah, kepala sekolah, tenaga kependidikan dan peserta didik di SD Negeri 2 Metro Utara. Fokus penelitian ini adalah kemampuan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran tematik kelas rendah. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran tematik cukup baik. Perencanaan yang disiapkan pendidik yaitu RPP, materi pembelajaran, media pembelajaran dan alat penilaian. Hambatan yang ditemui pada pelaksanaan pembelajaran tematik kelas rendah adalah kesulitan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran yang mengakibatkan pembelajaran kurang maksimal. Hambatan lainnya adalah kurangnya partisipasi peserta didik saat mengikuti pembelajaran. Kemampuan pendidik dalam melakukan penilaian sudah cukup baik. Pendidik sudah menggunakan penilaian autentik. Kata kunci: kemampuan pendidik, pembelajaran tematik. The problem in this study was the ability of teachers in carry out thematic learning in elementary school there still obstacles. This study aims to analyze the ability of teachers in carry out early elementary grade thematic learning in elementary school. The method of research with qualitative descriptive technique for analyze. Data were collected through interviews, observation, and documentations with teachers, school principal, staff and students at SD Negeri 2 Metro Utara. The focus of this research was the ability of teachers in carry out early elementary grade thematic learning. The result of the research are obtained that the ability of teachers in carry out thematic learning is good enough. Learning design made by the teacher was, learning design, learning materials, learning media and learning tools. The obstacle met at the implementation of early elementary grade thematic was the difficulty of students in understanding the learning material wich results in learning to be less maximal. Another obstacle was the lack of student participation while attending lessons. Teacher’s skill in making assessments are good enough. The teacher has used the authenticate assessment. Key word: teachers skill, thematic learning.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2208119191 . Digilib
Date Deposited: 16 Sep 2022 00:35
Terakhir diubah: 16 Sep 2022 00:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66114

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir