STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI BISNIS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SEBAGAI PEMODERASI

YUSUF HARYONO.Y.S, 1713031022 (2022) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI BISNIS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SEBAGAI PEMODERASI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (147Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3844Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3262Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar dan aktivitas belajar serta kurangnya penerapan model pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi bisnis. Tujuan penelitian yaitu untuk meneliti ada/tidak perbedaan hasil belajar ekonomi bisnis menggunakan model problem based learning dan model project based learning, ada/tidak perbedaan hasil belajar ekonomi bisnis siswa yang aktivitas belajarnya tinggi dengan siswa yang aktivitas belajarnya rendah, efektifitas antara model project based learning dengan problem based learning pada hasil belajar ekonomi bisnis siswa aktivitas belajarnya tinggi dan rendah, serta ada/tidak interaksi antara model pembelajaran dengan aktivitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi bisnis siswa. Metode penelitian ini yaitu quasi experiment pendekatan komparatif dengan desain factorial 2x2, teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling berjumlah 40 sampel, teknik pengumpulan datanya wawancara, observasi, dokumentasi, tes dan eksperimen. Pengujian hipotesis menggunakan ANAVA Dua Jalan dan t-Test Dua Sampel Independent. Hasil penelitian ini diantaranya tidak ada perbedaan hasil belajar ekonomi bisnis siswa yang menggunakan model problem based learning dengan model project based learning, tidak ada perbedaan hasil belajar ekonomi bisnis siswa yang aktivitas belajarnya tinggi dan rendah, rata-rata hasil belajar ekonomi bisnis siswa aktivitas belajar tinggi menggunakan model project based learning lebih tinggi daripada model problem based learning, rata-rata hasil belajar ekonomi bisnis siswa aktivitas belajar rendah menggunakan model problem based learning lebih tinggi daripada model project based learning, dan ada interaksi antara model pembelajaran dengan aktivitas belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi bisnis. Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PjBL), Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Ekonomi Bisnis.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 2208133710 . Digilib
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:09
Terakhir diubah: 22 Sep 2022 02:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66217

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir