PENGARUH PROGRAM KAMPUS MENGAJAR BERDASARKAN KESIAPAN MAHASISWA DALAM MENINGKATKAN CIVIC ENGAGEMENT

Ihsaan Solaahuddin, 1813032050 (2022) PENGARUH PROGRAM KAMPUS MENGAJAR BERDASARKAN KESIAPAN MAHASISWA DALAM MENINGKATKAN CIVIC ENGAGEMENT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2146Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1818Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan melihat bagaimana pengaruh Program Kampus Mengajar berdasarkan kesiapan mahasiswa dalam meningkatkan Civic engagement. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian yakni mahasiswa Program Kampus Mengajar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni menggunakan uji regresi sederhana dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara pengaruh Program Kampus Mengajar berdasarkan kesiapan mahasiswa dalam meningkatkan civic engagement sebesar 52,5% dengan indikator variabel independen (X) yaitu : meningkatkan soft skill, problem solving, kreativitas. Kemudian dalam indikator variabel dependen (Y) yaitu : tanggungjawab warga negara, kesadaran warga negara, partisipasi warga negara. Program Kampus Mengajar yang menghadirkan mahasiswa ke sekolah, sebagai upaya strategis dalam rangka penguatan pembelajaran terutama di masa pendemi covid-19, kususnya yang berada di wilayah 3T, dan dalam pelaksanaannya mahasiswa memberikan partisipasi yang semestinya sebagai wujud representasi warga negara yang baik, yakni melaksanakan hak dan kewajibannya dalam rangka pembangunan berkemajuan, selain itu juga mahasiswa Program Kampus Mengajar mengalami peningkatan kualitas diri yang baik setelah mengikuti program tersebut dengan berbagai pengalaman yang di dapatkan. Sehingganya semakin program Kampus Mengajar dilaksanakan dengan baik dan bertanggung jawab dengan semestinya maka peningkatan civic engagement oleh mahasiswa akan semakin meningkat serta tujuan dari adanya program kampus mengajar yang diharapkan akan tercapai dengan baik. Kata Kunci : program kampus mengajar, civic engagement

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2208701703 . Digilib
Date Deposited: 26 Sep 2022 02:47
Terakhir diubah: 26 Sep 2022 02:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66281

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir