PENGARUH LKS MODEL BLENDED LEARNING BERORIENTASI HOTS PADA MATERI USAHA DAN ENERGI BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Qonita Puja Kesuma, 1813022045 (2022) PENGARUH LKS MODEL BLENDED LEARNING BERORIENTASI HOTS PADA MATERI USAHA DAN ENERGI BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3430Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2798Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh LKS model blended learning materi usaha dan energi berorientasi HOTS berbantuan Google Classroom terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Tanjung Bintang menggunakan quasi experiment dengan bentuk nonequivalent control group design dengan teknik pengambilan sampel secara purposive. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIPA 3 berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen tes yang digunakan berupa soal uraian yang berjumlah 5 butir soal. Data diuji dengan analisis N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, uji Independent Sample T-Test, dan uji Effect size. Rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,64 dan pada kelas kontrol sebesar 0,48 dengan kategori keduanya adalah sedang. Hasil uji Independent Sample T-Test diperoleh bahwa terdapat perbedaan rata-rata N-gain kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang menunjukkan treatment yang dilakukan berpengaruh signifikan. Besarnya pengaruh menggunakan Effect size menunjukkan cohen’s d sebesar 0,91 dengan kategori besar. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang lebih tinggi dari kelas kontrol, hal ini berarti terdapat pengaruh menggunakan LKS model blended learning berorientasi HOTS berbantuan Google Classroom terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa Kata Kunci: Google Classroom, HOTS, kemampuan berpikir kritis, lks blended learning, usaha dan energi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2208927960 . Digilib
Date Deposited: 29 Sep 2022 01:31
Terakhir diubah: 29 Sep 2022 01:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66373

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir