IMPLEMENTASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH (SPIP) PADA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Azra Maidearnis , 1816041008 (2022) IMPLEMENTASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH (SPIP) PADA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1618Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1075Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 mengenai Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) yang ditujukan untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik yang bersifat efektif dan efisien, juga sebagai pelaksanaan dari paket reformasi keuangan yang baik. Serta Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) diselenggarakan di seluruh pemerintahan pusat maupun pemerintahan daerah. Dengan begitu Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Lampung Tengah digunakan untuk kegiatan pelaporan keuangan perencanaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai bagaimana pengimplementasian Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Lampung Tengah dalam rangka menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik serta laporan keuangan yang transparan, dengan berdasarkan pada indikator teori model implementasi Thomas B. Smith yaitu kebijakan yang diidealkan, kelompok sasaran, organisasi pelaksana, dan faktor lingkungan. Adapun metode penelitian yang digunakan didalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Lampung Tengah masih belum efektif, diketahui dari masih banyak risiko yang muncul selama pelaksanaannya, pemahaman yang masih kurang, serta masih banyak kendala lainnya pada saat pelaksanaannya. Dari hasil penelitian ini peneliti merekomendasikan agar implementor lebih meningkatkan pemahaman pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah serta peran aktif para atasan selama pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah ini. Kata Kunci: Kebijakan, implementasi, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: 2208184255 . Digilib
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:41
Terakhir diubah: 03 Oct 2022 03:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66487

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir