Izzah Syamilah, 1813024035 (2022) ANALISIS SUMBER BELAJAR ETNOSAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS) DI KECAMATAN KATIBUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN PADA MATERI BIOTEKNOLOGI. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF (ABSTRAK)
1. ABSTRAK.pdf Download (179Kb) | Preview |
|
File PDF (SKRIPSI FULL)
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1577Kb) |
||
|
File PDF (SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN)
2. SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (1022Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis etnosains masyarakat Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan yang dapat digunakan sebagai sumber belajar IPA berbasis STEM pada materi bioteknologi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data studi kepustakaan dan studi lapangan melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah tokoh adat, masyarakat, dan pendidik IPA. Data dalam penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif, data kualitatif yaitu data hasil wawancara dan hasil identifikasi etnosains masyarakat Kecamatan Katibung yang sesuai dengan KD IPA SMP dan dapat digunakan sebagai sumber belajar IPA berbasis STEM pada materi bioteknologi. Data kuantitatif berupa data hasil perhitungan angket semi tertutup kesesuaian etnosains dengan KD IPA SMP dan angket tertutup kelayakan etnosains sebagai sumber belajar IPA berbasis STEM untuk materi bioteknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etnosains masyarakat Kecamatan Katibung (Ikan asin) sesuai dengan KD 3.7/4.7 kelas IX serta etnosains ikan asin tersebut layak digunakan sebagai sumber belajar IPA berbasis STEM pada materi Bioteknologi. Kata kunci: Sumber belajar IPA, STEM, Etnosains, Bioteknologi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2208932173 . Digilib |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 07:58 |
Terakhir diubah: | 03 Oct 2022 07:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66514 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |