Hubungan Efikasi Diri Terhadap Tingkat Stres dan Ansietas pada Mahasiswa yang Sedang Menyelesaikan Tugas Akhir Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Lampung

Eka Yuliana Martogi Simalango, 1818011057 (2022) Hubungan Efikasi Diri Terhadap Tingkat Stres dan Ansietas pada Mahasiswa yang Sedang Menyelesaikan Tugas Akhir Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Lampung. Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1377Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1340Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Skripsi merupakan salah satu persyaratan yang wajib diselesaikan oleh mahasiswa tingkat akhir. Penulisan skripsi menuntut mahasiswa untuk berpikir lebih keras dan dapat menimbulkan stres maupun kecemasan. Dalam mengatasi hal tersebut mahasiswa efikasi diri. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan efikasi diri terhadap tingkat stres dan ansietas pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Lampung Metode: Desain penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Responden terdiri dari 180 mahasiswa dengan menggunakan teknik total sampling. Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner. Analisis yang digunakan adalah Kruskall-Wallis. Hasil: Terdapat 56 mahasiswa (68,3%) mengalami stres sedang dan 36 mahasiswa (43,9%) mengalami ansietas ringan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan tingkat stres (p-value 0,043) dan terdapat hubungan efikasi diri dengan tingkat ansietas (p-value 0,039). Kesimpulan: Tingkat stres yang dialami mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir yaitu dalam kategori sedang sebesar 68,3%, tingkat ansietas yang dialami mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir sebesar 43,9%, serta terdapat hubungan antara efikasi diri dengan tingkat stres dan ansietas mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Lampung.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2208235664 . Digilib
Date Deposited: 04 Oct 2022 06:27
Terakhir diubah: 04 Oct 2022 06:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66537

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir