PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

SIDIQ, ROHMAN (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (181Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2264Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2211Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk LKPD berbasis Konstruktivisme yang valid dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang merujuk teori R&D Borg & Gall. Populasi penelitian adalah peserta didik V SD di Desa Raman Aji Kecamatan Raman Utara Lampung Timur. Sampel penelitian yang ditentukan dengan purposive sampling adalah 25 peserta didik kelas VA SD Negeri 2 Raman Aji. Data dikumpulkan melalui lembar angket dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa LKPD berbasis konstruktivisme layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi diperoleh nilai 89,42% (sangat layak), ahli desain 86,89% (sangat layak) dan dari ahli praktisi 89,50% (sangat layak). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil pretes dan postes dengan rata-rata N-Gain sebesar 67% (cukup efektif), LKPD berbasis konstruktivisme sangat layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD. Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, konstruktivisme, hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2208616899 . Digilib
Date Deposited: 07 Oct 2022 18:07
Terakhir diubah: 07 Oct 2022 18:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66663

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir