RESDA WATI, 101307262 (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DI KELAS IV SDN 1 NATAR KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN 2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (145Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (156Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (209Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (172Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (301Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DI KELAS IV SDN 1 NATAR KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN 2014 Oleh RESDA WATI Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses belajar dan hasil belajar IPA melalui penerapan model cooperative learning tipe jigsaw yang dilaksanakan di SDN 1 Natar Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. prosedur penelitian adalah 2 siklus dan masing-masing siklus berjumlah 2 pertemuan. Metode analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Uji hipotesa tindakan menggunakan teknik korelasi product moment Karl Pearson. Subjek yang diteliti siswa Kelas IV yang berjumlah 26 Siswa terdiri dari 14 Laki- Laki dan 12 Perempuan Hasil penelitian menunjukkan penerapan model cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar IPA siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai keterampilan proses yang cukup signifikan dari siklus 1 pertemuan 1 dan 2 yaitu 13.50% dan 34.6% meningkat pada siklus 2 pertemuan 1 dan 2 sebesar 46.2% dan 63.5% dengan kriteria sedang. Penilaian hasil belajar IPA yang dapat dilihat dari siklus 2 pertemuan 1 dan 2 siswa yang telah tuntas mencapai indikator keberhasilan penelitian > 80%. Kemudian korelasi antara variabel keterampilan proses belajar dengan variabel nilai hasil belajar IPA sebesar +0,34 memiliki hubungan yang rendah/lemah berdasarkan skala makna nilai korelasi product moment karl pearson yang menyatakan skala nilai 0,20 – 0,39 bermakna rendah/lemah namun memiliki hubungan yang positif Kata Kunci: Keterampilan Proses, Hasil Belajar, Jigsaw
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 5079324 . Digilib |
Date Deposited: | 30 Jan 2015 06:02 |
Terakhir diubah: | 30 Jan 2015 06:02 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6674 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |