PENGARUH COOPERATIVE LEARNING TIPE TIME TOKENTERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 4 METRO UTARA

PRATIWI ARIYANI , tiwiariy@gmail.com (2022) PENGARUH COOPERATIVE LEARNING TIPE TIME TOKENTERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 4 METRO UTARA. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. (Submitted)

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3143Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2598Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGARUH PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 4 METRO UTARA Oleh PRATIWI ARIYANI Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh cooperative learning tipe time token terhadap keterampilan berbicara peserta didik di kelas V SD Negeri 4 Metro Utara. Penelitian ini menggunakan desain studi kasus bentuk tunggal atau One Shot Case Study dengan metode praeksperimental. Pengambilan sampel menggunakan teknik multistage random sampling yaitu peserta didik kelas VB SD Negeri 4 Metro Utara yang berjumlah 21 peserta didik. Data dikumpulkan menggunakan tes. Uji validitas instrumen penilaian kemampuan keterampilan berbicara, dilakukan dengan menggunakan Likert Rating Scale sedangkan reliabilitas data dengan uji alpha cronbha. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menyatakan nilai sig (2- tailed) 0,000 < 0,05 nilai t hitung = 10,002 > t tabel = 2,085 sehingga penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe time token berpengaruh terhadap keterampilan berbicara peserta didik. Kata kunci : model pembelajaran kooperatif tipe time token, keterampilan berbicara This study aims to analyze the effect of time token type cooperative learning on the speaking skills of students in class V SD Negeri 4 Metro Utara. This study uses a single case study design or One Shot Case Study with a pre-experimental method. Sampling using multistage random sampling technique, namely the students of class VB SD Negeri 4 Metro Utara, a total of 21 students. Data were collected using tests. The test of the validity of the speaking skill assessment instrument was carried out using a Likert Rating Scale while the reliability of the data was using the Cronbha alpha test. The analysis prerequisite test consists of a normality test and a homogeneity test. Data analysis used parametric statistical techniques, namely the Paired Sample T-Test. The results of the study stated that the value of sig (2-tailed) 0.000 <0.05 tcount = 10.002 > ttable = 2.085 so that the use of the time token type of cooperative learning model affects students' speakingskills. Keywords: cooperative learning type time token model, speaking skills

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 001 Ilmu pengetahuan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2208796537 . Digilib
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:10
Terakhir diubah: 11 Oct 2022 02:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66760

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir