SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (SPK) PEMILIHAN SUPPLIER DENGAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (F-AHP) (STUDI KASUS CV. ASKHA JAYA)

YASMIN HASNA, 1817051018 (2022) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (SPK) PEMILIHAN SUPPLIER DENGAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (F-AHP) (STUDI KASUS CV. ASKHA JAYA). FAKULTAS MIPA, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (501Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL .pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pemilihan supplier adalah salah satu aspek terpenting dalam aktivitas pembelian suatu perusahaan. Pembelian adalah aktivitas nilai utama bagi perusahaan karena pembelian bahan baku dan persediaan merupakan bagian penting dari produk jadi. Pemilihan supplier bukan merupakan hal yang mudah, banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih supplier. Masalah pemilihan supplier ini termasuk dalam kategori Multi-Criteria Decision Making (MCDM). Metode MCDM yang digunakan adalah metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP) dengan membuat urutan peringkat pemilihan supplier serta membandingkan hasil akurasi antara metode F-AHP dengan Analytical Hierarchy Process berdasarkan hasil prediksi dari store manager. Penelitian ini membangun sistem pendukung keputusan (SPK) dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL untuk memilih supplier terbaik dengan menggunakan 5 kriteria yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan perusahaan. Kriterianya yaitu cost, quality, delivery, amount, dan responsiveness. Hasilnya, akan diperoleh nilai kinerja masing-masing supplier sehingga bisa diketahui supplier terbaik. Untuk hasil tingkat akurasi F-AHP sebesar 95,41 % dan AHP sebesar 81,25%. Hal ini membuktikan metode F-AHP lebih baik dari pada metode AHP dalam menentukan supplier.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Ilmu Komputer
Pengguna Deposit: 2208270439 . Digilib
Date Deposited: 11 Oct 2022 08:21
Terakhir diubah: 11 Oct 2022 08:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66779

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir