SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENILAIAN KUALITAS PRODUK DENGAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (F-AHP) (Studi Kasus CV Askha Jaya)

RAHMAYANTI KURNIASIH, 1817051061 (2022) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENILAIAN KUALITAS PRODUK DENGAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (F-AHP) (Studi Kasus CV Askha Jaya). FAKULTAS MIPA, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (504Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2770Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2773Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kualitas merupakan salah satu faktor penentu suatu barang. Semakin baik kualitas produk maka semakin tinggi pula harga jual produk tersebut. Keakuratan proses diperlukan untuk menentukan kualitas hasil produk. Pengambilan keputusan yang menentukan kualitas kinerja produk memerlukan perhitungan yang tepat dalam analisis masalah, akurasi dalam penyelesaian, dan efisiensi dalam penyajian data. Sistem ini dirancang untuk membantu produsen menilai kualitas produk mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP). Konsep metode fuzzy AHP adalah mengubah nilai kualitatif menjadi nilai kuantitatif untuk membuat keputusan lebih objektif. Data kriteria, sub kriteria, bobot perbandingan antar kriteria, bobot perbandingan antar sub kriteria, dan data nilai bobot alternatif untuk sub kriteria dan kriteria diperoleh dari proses pengumpulan data yang dilakukan. Penelitian ini menghasilkan nilai peringkat untuk setiap alternatif yang tersedia dan merekomendasikan produk berkualitas berdasarkan nilai kriteria dan subkriteria. Dari hasil perhitungan error MAPE didapatkan persentase error sebesar 5,7977%. Dengan persentase hasil yang diperoleh kurang dari 10%, sistem ini termasuk dalam kategori sangat baik dan memiliki akurasi sebesar 94,2023%.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Ilmu Komputer
Pengguna Deposit: 2208984012 . Digilib
Date Deposited: 11 Oct 2022 08:25
Terakhir diubah: 11 Oct 2022 08:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66780

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir