EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED-INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA

Lisa Yuni Artanti, 1813023040 (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED-INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (134Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1417Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (941Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai efektivitas model pembelajaran blended-inkuiri terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi asam basa kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh kelas XI MIPA SMAN 15 Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara simple random sampling dan diperoleh kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata pada n-Gain dan uji effect size terhadap hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,66 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,45. Hasil uji effect size menunjukkan bahwa model blended-inkuiri terbimbing memiliki pengaruh “besar” dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan effect size sebesar 92%. Pada penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran blended-inkuiri terbimbing efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi asam basa. Kata kunci : asam basa, hasil belajar, model pembelajaran blended-inkuiri terbimbing

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Kimia
Pengguna Deposit: 2208619128 . Digilib
Date Deposited: 17 Nov 2022 04:02
Terakhir diubah: 17 Nov 2022 04:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66952

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir