HUBUNGAN MANAJEMEN WAKTU BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA DI BLOK TROPICAL INFECTION DISEASE (TID) PADA MAHASISWA TINGKAT II FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG

Rozi Kodarusman Warganegara, 1118011117 (2015) HUBUNGAN MANAJEMEN WAKTU BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA DI BLOK TROPICAL INFECTION DISEASE (TID) PADA MAHASISWA TINGKAT II FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG. Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRACT.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER DALAM.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (303Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (268Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (230Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SANWACANA.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf

Download (105Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf

Download (146Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf

Download (222Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (159Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (61Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Manajemen waktu berperan penting dalam kegiatan belajar mahasiswa, dengan adanya manajemen waktu mahasiswa mampu untuk menetapkan tujuan belajar, menetapkan prioritas, dan mampu mengelola waktu belajar sehingga tercipta proses belajar yang efisien. Manajemen waktu belajar dapat diartikan sebagai penggunaan waktu belajar seefisien dan seefektif mungkin untuk memperoleh waktu maksimal dalam kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara manajemen waktu belajar terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel yang diperoleh berjumlah 124 yang didapatkan menggunaan rumus slovin. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner manajemen waktu belajar dari Universitas Bradford London Inggris yang terdiri dari 25 pernyataan dan telah di validasi. Hasil penelitian menerangkan bahwa mahasiswa yang menjadi responden terbagi atas tiga kategori manajemen waktu dan dua kategori hasil belajar yaitu rendah tidak lulus (37,9%), rendah lulus (4,0%), sedang tidak lulus (41,1%), sedang lulus (5,7%), tinggi tidak lulus (8,9%) dan tinggi lulus (2,4%). Setelah dilakukan analisis data chi-square didapatkan nilai pvalue 0,485 atau >0,05 yang dapat diartikan bahwa tidak terdapat hubungan bermakna antara manajaemen waktu belajar dan hasil belajar mahasiswa di blok TID. Jadi kesimpulannya adalah tidak terdapat hubungan yang bermakna antara manajemen waktu belajar dan hasil belajar mahasiswa di blok TID. Kata kunci: hasil belajar, manajemen waktu belajar, problem-based learning. ABSTRACT Time management is an important role in learning activities for students, with good study time management student is able to establish learning objectives, set priorities, and able to manage study time in order to create an efficient learning process. Study time management can be defined as the use of study time as efficiently and effectively as possible to obtain the maximum amount of time in learning activities. This study aims to investigated the relationship between study time management and student achievement on grade II student in Faculty of Medicine, University of Lampung. The study methods was cross-sectional quantitative research methods. Samples were obtained by totaling 124 uses the formula obtained Slovin. This research used study time management questionaire from University Of Bradford London England which was 25 statement that have been validation test. The results of the study showed that students who were respondents divided into three categories of management time and two categories of learning outcomes that were not pass low (37.9%), low pass (4.0%), were not passed (41.1%), moderate pass (5.7%), were not pass high (8.9%) and high pass (2.4%). Where after the chi-square analysis of the data obtained value p value 0.485 or > 0.05, which can be interpreted that there was not significant relationship between study manajaemen time and student achievement in TID block. And than the conclution in this research was not has relathionship between study time manajemen and student achievement in TID block. Keywords: problem-based learning, student achievement, study time management.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 6518261 . Digilib
Date Deposited: 02 Feb 2015 06:29
Terakhir diubah: 02 Feb 2015 06:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6700

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir