EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETNOKIMIA PELANGIRAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

ITA ROSITA, 1813023031 (2022) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETNOKIMIA PELANGIRAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE TUGAS AKHIR SKRIPI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2838Kb)
[img]
Preview
File PDF
FILE TUGAS AKHIR SKRIPI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1288Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning berbasis etnokimia pelangiran dalam meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 9 Bandar Lampung tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh X IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 5 sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata secara statistik parametrik dengan independent samples t-test. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa meskipun rata-rata nilai n-gain di kedua kelas penelitian berkriteria sedang, akan tetapi terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai n-gain KPS siswa kelas eksperimen dan kontrol dengan rata-rata nilai n-gain KPS siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model discovery learning berbasis etnokimia pelangiran efektif dalam meningkatkan KPS siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Kata kunci: discovery learning, etnokimia pelangiran, keterampilan proses sains

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2208222827 . Digilib
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:58
Terakhir diubah: 22 Nov 2022 03:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67017

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir