Heny Eka Ritama , 1813041053 (2022) GAYA BAHASA DALAM FILM SEJUTA SAYANG UNTUKNYA SUTRADARA HERWIN NOVIANTO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa dalam film Sejuta Sayang Untuknya Sutradara Herwin Novianto dan mendeskripsikan implikasinya terhadap pendidikan karakter di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa gaya bahasa yang terkandung dalam film Sejuta Sayang Untuknya Sutradara Herwin Novianto, dan sumber data penelitian ini berupa film. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu teknik dokumentasi berupa simak, catat atau studi pustaka, sedangkan teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan film Sejuta Sayang Untuknya Sutradara Herwin Novianto terdapat gaya bahasa berdasarkan teori Gorys Keraf, yaitu gaya bahasa resmi, tak resmi, percakapan, sederhana, mulia bertenaga, menengah, klimaks, antiklimaks, paralelisme, antitesis, repetisi, pengungkapan secara retoris, dan pengungkapan secara kias. Berdasarkan gaya bahasa yang ada dalam film Sejuta Sayang Untuknya gaya bahasa yang paling mendominasi adalah gaya bahasa sederhana yang tergambar dalam dialog. Hal tersebut ditandai dengan penggunaan diksi yang dimaksudkan untuk menyampaikan fakta atau pembuktian menggunakan bahasa yang tidak bertele-tele dan mudah dipahami. Implikasi hasil penelitian ini berupa skenario pembelajaran yang dapat digunakan untuk mendukung tujuan pendidikan karakter di kelas XI. Data temuan penelitian ini yang akan digunakan secara relevan terhadap perbaikan kualitas berbahasa peserta didik, sekaligus sebagai penanaman nilai karakter pada peserta didik khususnya jenjang SMA. Peneliti telah mencoba untuk menjabarkan implikasi penelitian ini pada sebuah skenario pembelajaran berdasarkan kompetensi dasar 3.19 menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton dan 4.19 mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan. Kata kunci: Gaya bahasa, film Sejuta Sayang Untuknya, implikasi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 2208644990 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 07:09 |
Terakhir diubah: | 22 Nov 2022 07:09 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67033 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |