GAYA BAHASA DALAM FILM SEJUTA SAYANG UNTUKNYA SUTRADARA HERWIN NOVIANTO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA

Heny Eka Ritama , 1813041053 (2022) GAYA BAHASA DALAM FILM SEJUTA SAYANG UNTUKNYA SUTRADARA HERWIN NOVIANTO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa dalam film Sejuta Sayang Untuknya Sutradara Herwin Novianto dan mendeskripsikan implikasinya terhadap pendidikan karakter di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa gaya bahasa yang terkandung dalam film Sejuta Sayang Untuknya Sutradara Herwin Novianto, dan sumber data penelitian ini berupa film. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu teknik dokumentasi berupa simak, catat atau studi pustaka, sedangkan teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan film Sejuta Sayang Untuknya Sutradara Herwin Novianto terdapat gaya bahasa berdasarkan teori Gorys Keraf, yaitu gaya bahasa resmi, tak resmi, percakapan, sederhana, mulia bertenaga, menengah, klimaks, antiklimaks, paralelisme, antitesis, repetisi, pengungkapan secara retoris, dan pengungkapan secara kias. Berdasarkan gaya bahasa yang ada dalam film Sejuta Sayang Untuknya gaya bahasa yang paling mendominasi adalah gaya bahasa sederhana yang tergambar dalam dialog. Hal tersebut ditandai dengan penggunaan diksi yang dimaksudkan untuk menyampaikan fakta atau pembuktian menggunakan bahasa yang tidak bertele-tele dan mudah dipahami. Implikasi hasil penelitian ini berupa skenario pembelajaran yang dapat digunakan untuk mendukung tujuan pendidikan karakter di kelas XI. Data temuan penelitian ini yang akan digunakan secara relevan terhadap perbaikan kualitas berbahasa peserta didik, sekaligus sebagai penanaman nilai karakter pada peserta didik khususnya jenjang SMA. Peneliti telah mencoba untuk menjabarkan implikasi penelitian ini pada sebuah skenario pembelajaran berdasarkan kompetensi dasar 3.19 menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton dan 4.19 mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan. Kata kunci: Gaya bahasa, film Sejuta Sayang Untuknya, implikasi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2208644990 . Digilib
Date Deposited: 22 Nov 2022 07:09
Terakhir diubah: 22 Nov 2022 07:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67033

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir