ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI ALIH FUNGSI LAHAN KARET MENJADI UBI KAYU DI DESA NEGARARATU KECAMATAN SUNGKAI UTARA KABUPATEN LAMPUNG UTARA

Mela Afifah , 1614131025 (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI ALIH FUNGSI LAHAN KARET MENJADI UBI KAYU DI DESA NEGARARATU KECAMATAN SUNGKAI UTARA KABUPATEN LAMPUNG UTARA. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi alih fungsi lahan karet menjadi ubi kayu, nilai ekonomi lahan, (land rent) dan kesejahteraan petani yang lahan karet yang dialihfungsikan menjadi ubi kayu. Penelitian ini dilakukan di Desa Negararatu Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara. Pengambilan data dilakukan pada bulan November 2021 sampai Januari 2022. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode pengambilan sampel acak sederhana dengan sampel terdiri dari 63 petani alih fungsi lahan. Data dianalisis dengan regresi linier berganda, analisis pendapatan, dan untuk mengetahui tingkat kesejahteraan petani berdasarkan kriteria Sajogyo (1997). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor-faktor yang memengaruhi alih fungsi lahan karet menjadi ubi kayu di Desa Negararatu Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara adalah harga ubi kayu, penerimaan ubi kayu dan biaya usahatani karet, (2) nilai ekonomi lahan usahatani ubi kayu 1,8 kali lebih besar dari usahatani ubi kayu, (3) berdasarkan kriteria Sajogyo (1997), 58,73 persen petani dikategorikan cukup sejahtera. Kata kunci: alih fungsi lahan, ekonomi lahan, kesejahteraan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agribisnis
Pengguna Deposit: 2208410894 . Digilib
Date Deposited: 22 Nov 2022 07:46
Terakhir diubah: 22 Nov 2022 07:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67046

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir