POLA KOMUNIKASI MAHASISWA PERANTAU ETNIS KARO YANG MENGALAMI CULTURE SHOCK DALAM INTERAKSI SOSIAL (Studi pada Mahasiswa Perantau Etnis Karo di Universitas Lampung)

Mei Sara Nita Br Ginting , 1816031012 (2022) POLA KOMUNIKASI MAHASISWA PERANTAU ETNIS KARO YANG MENGALAMI CULTURE SHOCK DALAM INTERAKSI SOSIAL (Studi pada Mahasiswa Perantau Etnis Karo di Universitas Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (386Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2042Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1581Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Saat memasuki wilayah baru seseorang tidak akan terlepas dari culture shock. Culture shock merupakan ketidaknyamanan seseorang baik secara fisik dan juga psikologis. Culture shock juga dialami mahasiswa perantau etnis karo di Universitas Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pola komunikasi, proses adaptasi, hambatan serta upaya yang dilakukan mahasiswa perantau etnis karo untuk mengatasi culture shock dalam berinteraksi sosial di Universitas Lampung. Tipe penelitian ini berupa deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Mahasiswa perantau etnis karo di Universitas Lampung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi, dan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian didapatkan bahwa Mahasiswa perantau etnis karo di Universitas Lampung, melalui empat fase dalam proses adaptasi yaitu, fase honeymoon dimana mahasiswa perantau etnis karo mengalami perasaan antusias dengan wilayah baru namun tetap memiliki perasaan sedih karena jauh dari daerah asalnya, fase frustration, yaitu mahasiswa perantau etnis karo mulai menemukan perbedaan wilayah baru dengan wilayah asalnya, sehingga mendorong terjadinya culture shock, fase readjustment, dimana mahasiswa perantau etnis karo mulai dapat mengatasi masalah yang ditemukan di fase frustration, fase keempat, yaitu fase resolution dimana mahasiswa perantau etnis karo memilih bertahan dan tetap menghadapi kondisi di Universitas Lampung. Hambatan yang dialami mahasiswa perantau etnis karo dalam beradaptasi adalah bahasa, kondisi geofrafis, makanan, serta homesick. Adapun upaya yang dilakukan mahasiswa perantau etnis karo dalam mengatasi hambatan dalam proses adaptasi yaitu, saling menghargai keberagaman budaya, open minded, serta memperluas relasi, dan mempelajari budaya lokal. Pola komunikasi Mahasiswa perantau etnis karo di Universitas Lampung adalah sirkular. Kata kunci : Pola Komunikasi, Culture Shock, Adaptasi, Mahasiswa perantau etnis karo.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2208349298 . Digilib
Date Deposited: 25 Nov 2022 07:09
Terakhir diubah: 25 Nov 2022 07:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67153

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir