EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Desti Elly Yanti, 1813023027 (2022) EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] File PDF
1. ABSTRAK.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (10Kb)
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1965Kb)
[img] File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1167Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas blended learning dengan model discovery learning untuk meningkatkan keteram¬pilan ko¬munikasi siswa pada materi larutan penyangga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sukadana tahun ajaran 2021/2022. Sampel pe-nelitiannya adalah siswa XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Peng¬ambilan sampel diperoleh dengan teknik purposive sampling. Pada kelas kontrol diterapkan blended learning dengan pembelajaran konvesional dan pada kelas eksperimen diterapkan blended learning dengan model discovery learning. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi ekspe¬rimen dengan desain The Matching-Only Pretest-Posttest Control Group. Data peneli¬tian dianalisis dengan menggunakan perhitungan n-gain dan uji hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata postes keterampilan komunikasi siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dan me-miliki per¬bedaan yang signifikan secara statistic, serta n-gain rata-rata di kelas eksperimen sebesar 0,74 (berkate¬gori tinggi). Dengan demikian, dapat disimpul¬kan bahwa blended learning dengan model discovery learning efektif dalam me-ningkatkan komu¬nikasi siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2208304023 . Digilib
Date Deposited: 02 Dec 2022 02:30
Terakhir diubah: 02 Dec 2022 02:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67303

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir