PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENGEMBANGAN ASSURE PADA MATERI BASIS DATA SMK KELAS XI

Rahmatika, Rizqi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENGEMBANGAN ASSURE PADA MATERI BASIS DATA SMK KELAS XI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (330Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2675Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2192Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pengembangan media pembelajaran berbasis media pembelajaran Prezi ini termasuk kedalam penelitian dan pengembangan (R&D). Untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Prezi pada mata pelajaran Basis Data yang valid pada materi Struktur Hierarki Basis Data. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ASSURE. rincian sebagai berikut: Analyze Learners, State Standar and Objectives, Select Stategy, Technology, Media, and Materials, Ultilize Technology, Media and Materials, Require Learner Participation, Evaluated and Revise. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas XI Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di SMKN 8 Bandar Lampung. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui respons pendidik dan peserta didik terhadap media pembelajaran Prezi dengan materi Struktur Hierarki Basis Data yaitu dengan metode angket. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain: 1) Berdasarkan hasil pengujian validasi ahli, produk media pembelajaran Prezi dengan model ASSURE pada mata pelajaran basis data SMK kelas XI yang dikembangkan telah tervalidasi ahli dan memperoleh hasil yang baik. Hasil validasi ahli materi pertama mencapai persentase 96% dengan kualifikasi “Sangat Baik” untuk ahli materi kedua 92% dengan kualifikasi “Sangat Baik”. Validasi ahli media dan desain pembelajaran dengan persentase pertama 96% untuk persentase ahli media kedua 94% dengan kategori kelayakan “Sangat Baik”. 2) Hasil uji efektifitas Prezi pada tingkat ketuntasan tes (pre-test dan post-test) pada penelitian ini memiliki peningkatan yang signifikan berupa kenaikan nilai ratarata pre-test senilai 41,83% meningkat dengan adanya post-test senilai 85,33%. Hal ini ditunjukkan dengan nilai N-Gain keseluruhan sebesar 73,98%. Hasil ini sudah mencapai kriteria ketuntasan baik dari hasil tes evaluasi belajar siswa maupun keaktifan siswa dalam belajar. Kata kunci: Media Pembelajaran, Prezi, ASSURE, Basis Data.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: 2208253965 . Digilib
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:33
Terakhir diubah: 05 Dec 2022 04:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67325

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir