PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN STRATEGI FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Pesawaran Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023)

Nofiza Rahmadani, 1813021007 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN STRATEGI FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Pesawaran Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1686Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1641Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan strategi flipped classroom terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Pesawaran semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 yang terdistribusi dalam enam kelas. Melalui teknik cluster random sampling terpilih kelas VIII A dan kelas VIII C yang masing-masing kelas memuat 30 siswa sebagai sampel penelitian. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest�posttest control group design. Data penelitian ini yaitu data kuantitatif yang diperoleh melalui tes bentuk uraian pada materi koordinat cartesius. Uji kesamaan dua rata-rata skor gain kemampuan representasi matematis menggunakan statistik uji-t dengan keputusan uji H0 ditolak yang berarti rata-rata skor gain kemampuan representasi matematis siswa pada kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan strategi flipped classroom lebih tinggi daripada rata�rata skor gain kemampuan representasi matematis siswa pada kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS tanpa strategi flipped classroom. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan strategi flipped classroom berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Pesawaran semester ganjil tahun ajaran 2022/2023.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2208825277 . Digilib
Date Deposited: 07 Dec 2022 06:57
Terakhir diubah: 07 Dec 2022 06:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67399

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir