PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN STEM DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 WAY GUBAG

Diah Ayu Eka Rusmita, 1813053078 (2022) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN STEM DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 WAY GUBAG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (5Mb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN STEM DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 WAY GUBAG Oleh Diah Ayu Eka Rusmita Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V karena pendidik belum menggunakan pendekatan yang mendukung keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan STEM dalam pembelajaran IPA terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain penelitian yaitu nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik sampling non-probability sampling dengan jenis teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 50 peserta didik. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumen. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan penerapan pendekatan STEM dalam pembelajaran IPA terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Negeri 2 Way Gubag. Kata Kunci: IPA, keterampilan berpikir kritis, STEM. ABSTRACT THE EFFECT OF THE APPLICATION OF THE STEM APPROACH IN SCIENCE LEARNING ON CRITICAL THINKING SKILLS OF FOURTH GRADE STUDENTS OF SD NEGERI 2 WAY GUBAG By Diah Ayu Eka Rusmita The problem of this research is the low critical thinking skills of fifth grade students because education has not used an approach that supports the critical thinking skills of students. This study aims to determine the effect of the application of the STEM approach in science learning on the critical thinking skills of students. The method used in this research is a quasi-experiment with a research design is a non-equivalent control group design. This study uses a nonprobability sampling technique with a purposive sampling technique with a sample of 50 students. Data retrieval techniques used are tests, observations, and documentation. The data were analyzed using a simple linear regression test. The results of the analysis shows that there is a positive significant effect of the application of the STEM approach in science learning on critical thinking skills of fifth grade students of SD Negeri 2 Way Gubag. Keywords: critical thinking skills, science, STEM

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2208154164 . Digilib
Date Deposited: 08 Dec 2022 01:32
Terakhir diubah: 08 Dec 2022 01:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67413

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir