PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK MUATAN IPA PESERTA DIDIK KELAS V UPT SD NEGERI 1 WONODADI

Wanda Hamidah , 1813053059 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK MUATAN IPA PESERTA DIDIK KELAS V UPT SD NEGERI 1 WONODADI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (2529Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2524Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2526Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK MUATAN IPA PESERTA DIDIK KELAS V UPT SD NEGERI 1 WONODADI Oleh Wanda Hamidah Masalah dalam penelitian ini yaitu kurangnya penggunaan variasi model pembelajaran dan hanya berpusat pada siswa (student centered) serta masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V UPT SD Negeri 1 Wonodadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar peserta didik kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group, sehingga terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal test. Populasi berjumlah 37 peserta didik kelas V UPT SD Negeri 1 Wonodadi. Sampel dalam penelitan ini adalah 37 peserta didik kelas V UPT SD Negeri 1 Wonodadi, sampel ditentukan dengan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik tes, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran koopeartif tipe make a match yang ditunjukkan dengan nilai thitung (8,08) > ttabel (2,093) diperoleh kesimpulan bahwa model kooperatif tipe Make A Match berpengaruh terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik muatan IPA kelas V UPT SD Negeri 1 Wonodadi dan hasil analisis uji-t diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan tentang hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik dengan model koperatif tipe make a match dibandingkan dengan model pembelajaran example non example. Kata kunci : hasil belajar, make a match, ipa ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK MUATAN IPA PESERTA DIDIK KELAS V UPT SD NEGERI 1 WONODADI Oleh Wanda Hamidah Masalah dalam penelitian ini yaitu kurangnya penggunaan variasi model pembelajaran dan hanya berpusat pada siswa (student centered) serta masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V UPT SD Negeri 1 Wonodadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar peserta didik kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group, sehingga terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal test. Populasi berjumlah 37 peserta didik kelas V UPT SD Negeri 1 Wonodadi. Sampel dalam penelitan ini adalah 37 peserta didik kelas V UPT SD Negeri 1 Wonodadi, sampel ditentukan dengan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik tes, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran koopeartif tipe make a match yang ditunjukkan dengan nilai thitung (8,08) > ttabel (2,093) diperoleh kesimpulan bahwa model kooperatif tipe Make A Match berpengaruh terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik muatan IPA kelas V UPT SD Negeri 1 Wonodadi dan hasil analisis uji-t diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan tentang hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik dengan model koperatif tipe make a match dibandingkan dengan model pembelajaran example non example. Kata kunci : hasil belajar, make a match, ipa

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2208342361 . Digilib
Date Deposited: 08 Dec 2022 01:39
Terakhir diubah: 08 Dec 2022 01:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67416

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir