Efektivitas Penerapan Flipped Classroom Berbasis Kahoot! Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Sistem Imun di SMAN 13 Bandar Lampung

Lusya Agustin, 1813024029 (2022) Efektivitas Penerapan Flipped Classroom Berbasis Kahoot! Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Sistem Imun di SMAN 13 Bandar Lampung. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.docx.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1778Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1242Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan Flipped Classroom berbasis Kahoot! terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem imun di SMAN 13 Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan menggunakan teknik Non Equivalent Control Group. Sampel penelitian yang digunakan adalah 35 siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dipilih dengan menggunakan teknik cluster-random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes, angket, dan dokumentasi. Data rata-rata nilai N-gain sebagai peningkatan hasil belajar kognitif siswa dianalisis dengan uji Mann Whitney. Angket tanggapan siswa dianalisis secara deskripsi. Hasil uji Mann Whitney pada Sig. (2-tailed) 0.001 < 0,05 lalu di ujikan effect size memperoleh nilai 1,43 kategori Tinggi dengan persentase 92%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan Flipped Classroom berbasis Kahoot! efektif dan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem imun di SMAN 13 Bandar Lampung. Hal ini ditunjukan dari hasil nilai N-gain kelas eksperimen sebesar 0,66 dan Kenaikan hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen pada aspek C1 sebesar 37%, C2 sebesar 40%, C3 sebesar 55%, C4 sebesar 55%, dan C5 sebesar 54% lalu di perkuat juga dengan hasil angket tanggapan siswa yang mendapat respon positif dari siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2208007111 . Digilib
Date Deposited: 12 Dec 2022 07:08
Terakhir diubah: 12 Dec 2022 07:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67522

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir