Dwi Herliani, 1813022001 (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1143Kb) |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (829Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen pada pembelajaran berbasis proyek untuk mengukur kemampuan literasi sains dan berpikir kreatif siswa pada materi usaha dan energi yang valid, reliabel, dan praktis untuk digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan 7 langkah pengembangan yang diadaptasi dari Borg & Gall (1989), yakni: (1) penelitian dan pengumpulan data; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk awal; (4) uji coba lapangan awal; (5) revisi hasil uji coba; (6) uji coba lapangan; dan (7) revisi produk operasional. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli dan satu guru untuk menilai aspek konstruksi, substansi, dan bahasa. Berdasarkan hasil validasi ahli instrumen asesmen kemampuan literasi sains dan kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 85,73% dengan kategori sangat tinggi. Sehingga, instrumen asesmen ini layak untuk digunakan. Kemudian, instrumen asesmen ini diujicobakan kepada 36 siswa dan selanjutnya dianalisis menggunakan model Rasch dengan berbantuan software Ministep 4.5.1. Berdasarkan hasil analisis data uji coba diperoleh sebanyak 20 butir soal instrumen kemampuan literasi sains dan 18 butir soal instrumen kemampuan berpikir kreatif yang dinyatakan valid. Butir soal pada instrumen asesmen kemampuan literasi dan berpikir kreatif siswa dinyatakan reliabel dengan nilai alpha Cronbach berturut-turut sebesar 0,91 dan 0,90 dengan kategori bagus sekali. Uji kepraktisan instrumen asesmen ini memperoleh rata-rata skor sebesar 85,64% dengan kriteria sangat tinggi. Produk akhir asesmen pada pembelajaran berbasis proyek untuk mengukur kemampuan literasi sains dan berpikir kreatif siswa pada materi usaha dan energi yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan instrumen, yaitu valid, reliabel, dan praktis.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2208410443 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Dec 2022 02:24 |
Terakhir diubah: | 15 Dec 2022 02:24 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67660 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |