ARMIASIH, 1813044034 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS WEBSITE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA PERANCIS SISWA KELAS X SMAN 16 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (125Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3509Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2942Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi belum pernah dikembangkannya media komik digital berbasis website sebagai media pembelajaran bahasa Prancis di SMAN 16 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa komik digital berbasis website pada keterampilan membaca bahasa Prancis materi les endroits publics. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian dan Pengembangan atau Reseacrh and Development (RnD) dengan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, pendidik dan peserta didik tertarik dengan media komik digital berbasis website untuk pembelajaran bahasa Prancis. Dalam penelitian ini terdapat ahli materi dan ahli media untuk menguji validitas. Uji coba pengguna dilaksanakan pada uji coba one to one dan small group. Teknik pada pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini di antaranya observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil uji coba media pembelajaran komik digital berbasis website kepada para ahli memperoleh persentase nilai sebesar 82,5% dari ahli materi dan memperoleh persentase nilai sebesar 81,6% dari ahli media. Hasil penilaian dari kedua ahli tersebut memperoleh nilai rata-rata sebesar 82.0% Sedangkan dalam uji coba pengguna one to one memperoleh nilai sebesar 91,6% dan uji coba pengguna small group memperoleh nilai sebesar 87,9%. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran komik digital berbasis website memperoleh nilai Sangat Baik (SB) dengan rentang skor 75%-100% sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran keterampilan membaca bahasa Prancis materi Les Endroits Publics kelas X SMAN 16 Bandar Lampung. Kata kunci: bahasa prancis, komik digital, media pembelajaran, metode RnD
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa Prancis |
Pengguna Deposit: | 2208551707 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Dec 2022 08:12 |
Terakhir diubah: | 15 Dec 2022 08:12 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67686 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |