PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS WEBSITE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA PERANCIS SISWA KELAS X SMAN 16 BANDAR LAMPUNG

ARMIASIH, 1813044034 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS WEBSITE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA PERANCIS SISWA KELAS X SMAN 16 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (125Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3509Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2942Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi belum pernah dikembangkannya media komik digital berbasis website sebagai media pembelajaran bahasa Prancis di SMAN 16 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa komik digital berbasis website pada keterampilan membaca bahasa Prancis materi les endroits publics. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian dan Pengembangan atau Reseacrh and Development (RnD) dengan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, pendidik dan peserta didik tertarik dengan media komik digital berbasis website untuk pembelajaran bahasa Prancis. Dalam penelitian ini terdapat ahli materi dan ahli media untuk menguji validitas. Uji coba pengguna dilaksanakan pada uji coba one to one dan small group. Teknik pada pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini di antaranya observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil uji coba media pembelajaran komik digital berbasis website kepada para ahli memperoleh persentase nilai sebesar 82,5% dari ahli materi dan memperoleh persentase nilai sebesar 81,6% dari ahli media. Hasil penilaian dari kedua ahli tersebut memperoleh nilai rata-rata sebesar 82.0% Sedangkan dalam uji coba pengguna one to one memperoleh nilai sebesar 91,6% dan uji coba pengguna small group memperoleh nilai sebesar 87,9%. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran komik digital berbasis website memperoleh nilai Sangat Baik (SB) dengan rentang skor 75%-100% sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran keterampilan membaca bahasa Prancis materi Les Endroits Publics kelas X SMAN 16 Bandar Lampung. Kata kunci: bahasa prancis, komik digital, media pembelajaran, metode RnD

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa Prancis
Pengguna Deposit: 2208551707 . Digilib
Date Deposited: 15 Dec 2022 08:12
Terakhir diubah: 15 Dec 2022 08:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67686

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir