MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN REALISTIK PADA SISWA KELAS VA SDN 2 MARGA AGUNG JATIAGUNG LAMPUNG SELATAN TP 2012/2013

Muhtar, Wagiyah (2014) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN REALISTIK PADA SISWA KELAS VA SDN 2 MARGA AGUNG JATIAGUNG LAMPUNG SELATAN TP 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (205Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (192Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (525Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil test formatif yakni hanya 50% dari 22 siswa memenuhi KKM. Untuk itu perlu perbaikan pembelajaran melalui PTK dengan tujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kelas VA SDN 2 Marga Agung. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan menggunakan tahapan: 1) perencanaan 2) tindakan 3) observasi 4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan teknik analisis data menggunakan kualitatif untuk aktivitas belajar dan kuantitatif untuk test hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan dilihat dari hasil pada siklus I yaitu 39,77%, dan siklus II diperoleh 64,77%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari siklus I nilai rata-rata 62,27 dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 68,50, telah memenuhi KKM yang telah ditentukan sekolah ≥ 63,00. Dengan demikian pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: pembelajaran matematika realistik, aktivitas, dan hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:12
Terakhir diubah: 03 Feb 2014 04:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/677

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir