RANCANG BANGUN MODUL HELPDESK PADA SISTEM INFORMASI DIGITAL PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS LAMPUNG (STUDI KASUS: PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS LAMPUNG)

EKA HARSANA, ADITYA (2022) RANCANG BANGUN MODUL HELPDESK PADA SISTEM INFORMASI DIGITAL PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS LAMPUNG (STUDI KASUS: PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS LAMPUNG). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4053Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3129Kb) | Preview

Abstrak

Universitas Lampung memiliki perpustakaan yang digunakan untuk menunjang kegiatan akademik universitas. Salah satu layanan yang ada di perpustakaan adalah perpustakaan digital yang digunakan untuk mengunggah karya ilmiah ke repositori Universitas Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk membangun fitur helpdesk pada sistem repositori dengan menggunakan framework laravel, kami mengembangkan sistem helpdesk online untuk mendukung sesi kolaborasi antara mahasiswa dan pustakawan (staf pendukung) yang mencakup kegiatan seperti layanan pengaduan layanan perpustakaan, layanan saran. Pengembangan fitur ini menggunakan metode kanban, dengan proses yang terdiri dari analisis kebutuhan sistem, perancangan, pengembangan, dan pengujian. Hasil penelitian ini berhasil menyediakan layanan helpdesk yang menampung pesan dari mahasiswa untuk ditanggapi langsung oleh petugas perpustakaan. Fitur tersebut kemudian diuji dengan menggunakan metode blackbox yang menghasilkan output yang diharapkan sehingga dapat disimpulkan bahwa fitur tersebut lolos uji. Dengan fitur SMTP, dimungkinkan untuk mengirim balasan dari admin ke email siswa, sehingga balasan dapat terkirim dengan baik ke sisi pengguna. Kata Kunci: Sistem informasi, repositori, laravel, kanban, blackbox, perpsutakaan digital.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
600 Teknologi (ilmu terapan)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Elektro
Pengguna Deposit: 2208754418 . Digilib
Date Deposited: 16 Dec 2022 01:34
Terakhir diubah: 16 Dec 2022 01:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67700

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir