IMPLEMENTASI PROGRAM ELEKTRONIK SAMSAT DESA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BADAN USAHA MILIK DESA (Studi di BUMDes Tersenyum Kampung Wates Kecamatan Nuban Kabupaten Lampung Tengah )

Panurat, Ferdinand Benyamin (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM ELEKTRONIK SAMSAT DESA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BADAN USAHA MILIK DESA (Studi di BUMDes Tersenyum Kampung Wates Kecamatan Nuban Kabupaten Lampung Tengah ). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2137Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2141Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Maraknya penunggakkan pembayaran wajib Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) membuat Pemerintah Provinsi Lampung mengambil tindakan penjemputan bola kepada masyarakat dengan menghadirkan layanan berbasis android untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran wajib pajak dengan memanfaatkan BUMDES sebagai tempat melakukan proses pembayaran. Hal ini berguna juga untuk meningkatkan kualitas BUMDES yang mana berdasarkan data dari Dinas PMDT, masih banyak BUMDES yang tergolong dasar/tidak maju. Di bidang pelayanan publik, perlu ditunjukkan peran penggunaan teknologi untuk mempengaruhi kemudahan dalam meningkatkan kualitas hidup manusia. Diharapkan hal terpenting dalam pelayanan informasi publik adalah mampu memenuhi tuntutan transparansi serta pelayanan publik yang cepat, mudah, murah dan tidak berbelit-belit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Program Elektronik Samsat Desa Dalam Meningkatkan Kualitas Badan Usaha Milik Desa, juga faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan kebijakan tersebut. Dengan menggunakan metode kualitatif dalam pendekatan ethnography kualitatif dan deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data dan informasi dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Faktor pendukung Implementasi Program E-Samdes di Kampung Wates yaitu meliputi Kondisi Lingkungan, Komunikasi, Sumber daya alam. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah Pendekatan, Koneksi Internet, Kualitas BUMDes (kelengkapan BUMDes) dan Sumber daya manusia. Kata Kunci : Implementasi,Program E-Samdes,Kualitas BUMDes.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
600 Teknologi (ilmu terapan)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Pemerintahan
Pengguna Deposit: 2208328701 . Digilib
Date Deposited: 16 Dec 2022 01:45
Terakhir diubah: 16 Dec 2022 01:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67703

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir