ANALISIS SUMBER BELAJAR ETNOSAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATIC) PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI KECAMATAN BLAMBANGAN PAGAR, KABUPATEN LAMPUNG UTARA

Karlina, Novi (2022) ANALISIS SUMBER BELAJAR ETNOSAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATIC) PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI KECAMATAN BLAMBANGAN PAGAR, KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak_Novi Karlina_1813024052.pdf

Download (147Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full_Novi Karlina_1813024052.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1849Kb)
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan_Novi Karlina_1813024052.pdf

Download (1383Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis etnosains masyarakat Kecamatan Blambangan Pagar, Kabupaten Lampung Utara yang dapat digunakan sebagai sumber belajar IPA bermuatan STEM pada materi sistem pencernaan. Subyek pada penelitian ini adalah tokoh adat, masyarakat, dan pendidik IPA di Kecamatan Blambangan Pagar. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data dalam penelitian berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif yaitu data hasil wawancara dan hasil identifikasi etnosains. Data kuantitatif berupa data hasil perhitungan angket semi tertutup dan angket tertutup. Teknik pengumpulan data dengan studi kepustakaan dan studi lapangan. Studi kepustakaan melalui pengumpulan informasi dari beberapa referensi dan studi lapangan melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, dengan langkah data reduction, data display, dan verification. Hasil penelitian menunjukkan entnosains nyirih pada masyarakat Kecamatan Blambangan Pagar, sesuai dan layak digunakan sebagai sumber belajar IPA bermuatan STEM pada materi sistem pencernaan manusia. Hasil penelitian ini dapat menjadi sumber informasi bagi pendidik bahwa etnosains nyirih dapat dijadikan salah satu referensi sumber belajar IPA pada materi sistem pencernaan manusia.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2208333457 . Digilib
Date Deposited: 19 Dec 2022 07:25
Terakhir diubah: 19 Dec 2022 07:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67804

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir