PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG

Cahya Annisa, Maretia (2022) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3457Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3343Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X IPS SMA YP Unila Bandar Lampung. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA YP Unila Bandar Lampung angkatan 2021-2022 yaitu sebanyak 105 siswa. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 51 orang siswa, yang diperoleh dengan teknik pengambilan sampel probability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t dan F serta diolah dengan program SPSS. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara simultan motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X IPS SMA YP Unila Bandar Lampung dengan kadar determinasi sebesar 0,455 atau 45,5% dan sisanya 54,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Lingkungan Sekolah, Hasil Belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 2208520266 . Digilib
Date Deposited: 19 Dec 2022 08:25
Terakhir diubah: 19 Dec 2022 08:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67821

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir