PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PERTANYAAN SISWA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII DI SMPN 25 BANDAR LAMPUNG

JANNAH, RODATUL (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PERTANYAAN SISWA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII DI SMPN 25 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK RODATUL JANNAH.pdf

Download (279Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL-1853024006-RODATUL JANNAH.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1847Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN-RODATUL JANNAH.pdf

Download (2417Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh media video pembelajaran terhadap pertanyaan siswa dan keterampilan berpikir kritis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 25 Bandar Lampung. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi exsperimen design dengan bentuk desain non-equivalent control group design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa dari 2 kelas yaitu kelas VII C dan VII D yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar penelitian pretest-posttest dan lembar kerja siswa yang berisi pertanyaan siswa. Pertanyaan siswa yang terkumpul diolah dengan 4 indikator diantaranya tingkat kognitif, tata bahasa, fokus dan relevansi kemudian diakhir dikategorikan untuk mengetahui kualitas pertanyaan. Hasil analisis data menunjukkan kelas yang menggunakan media video atau kelas eksperimen memiliki kualitas pertanyaan yang lebih tinggi yaitu sebesar 85,27% yang berkategori “Sangat Tinggi”. Data rata-rata nilai pretest-posttest, n-gain sebagai hasil peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dianalisis dengan uji statistik yaitu uji mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berpikir kritis siswa berkategori “Sedang” dengan n-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,66 dan keterampilan berpikir kritis siswa berkategori “Sedang” dengan nilai n-gain pada kelas kontrol lebih rendah dibandingkan kelas eksperimen yakni sebesar 0,43. Dari pernyataan di atas dapat disimpulkan hasil analisis data rata-rata pertanyaan siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa antara kelas eskperimen dan kelas kontrol berbeda signifikan. Hal tersebut disebabkan media video mampu menampilkan seluruh fenomena khususnya pencemaran lingkungan yang terjadi dengan detail ke dalam jenisnya. Dengan demikian, diketahui bahwa media video dapat berpengaruh terhadap pertanyaan siswa dan keterampilan berpikir kritis. Kata Kunci: media video, pertanyaan siswa, keterampilan berpikir kritis.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2208172464 . Digilib
Date Deposited: 20 Dec 2022 02:35
Terakhir diubah: 20 Dec 2022 02:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67848

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir