PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMAKER DALAM PEMBELAJARAN DARING SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA TEKS IKLAN, SLOGAN, ATAU POSTER PADA SISWA SMP KELAS VIII

Vemi Puspita Sari, 1753041010 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMAKER DALAM PEMBELAJARAN DARING SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA TEKS IKLAN, SLOGAN, ATAU POSTER PADA SISWA SMP KELAS VIII. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Atalah Printing.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Atalah Printing.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Atalah Printing.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak

Permasalahan pada penelitian ini ialah kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Media pembelajaran akan lebih menarik dan variatif apabila dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran berbasis Animaker dan memaparkan hasil kelayakan produk media berbasis Animaker dalam pembelajaran teks iklan, slogan dan poster pada siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) oleh Borg dan Gall yang peneliti ikuti hanya lima tahap yaitu menganalisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain disesuaikan dengan kondisi pandemi pada saat ini yang tidak memungkinkan untuk melakukan uji coba lapangan dalam skala besar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian media pembelajaran berbasis Animaker pada teks iklan, slogan, atau poster kelas VIII SMP menghasilkan produk berupa video pembelajaran dan pada bagian pertama berdurasi 4 menit dan 18 detik terdiri dari 24 slide dan bagian kedua berdurasi 3 menit dan 27 detik 18 slide. Pada aspek pembelajaran dan aspek isi dinyatakan sangat layak dengan memperoleh persentase sebesar 85,7% dan 93,75%. Kelayakan produk yang telah iii diuji oleh ahli media pada aspek tampilan memperoleh rata-rata persentase 87,5 % dan peran media memperoleh rata-rata persentase yang sama yaitu 87,5 % dan kedua aspek yang dinyatakan sangat layak. Kata kunci: pengembangan, media, Animaker, teks iklan, slogan, poster.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: Firlia Hidayah
Date Deposited: 20 Dec 2022 07:07
Terakhir diubah: 20 Dec 2022 07:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67876

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir