PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS MASALAH REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK

Dwi Permatasari , 1923053030 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS MASALAH REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (7Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbasis masalah realistik yang valid, praktis serta efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan merujuk pada teori R&D Borg and Gall. Populasi penelitian ini adalah seluruh pendidik dan peserta didik kelas V SDN kecamatan Bumiwaras dengan jumlah pendidik sebanyak 7 orang dan jumlah peserta didik sebanyak 196 orang. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 3 Bumiwaras yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase untuk validasi ahli dan praktisi. Kemudian analisis kuantitatif dengan uji t dan uji proporsi untuk menguji efektivitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar matematika berbasis masalah realistik yang dikembangkan valid dan praktis digunakan berdasarkan hasil validasi ahli serta hasil angket respon pendidik dan peserta didik. Analisis data penelitian ini menggunakan uji T dan uji proporsi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa bahan ajar matematika berbasis masalah realistik efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Kata kunci: Bahan Ajar Matematika, Masalah Realistik, Pemahaman Konsep. This research aims to develop mathematics teaching materials based on realistic problems that are valid, practical and effective in improving the understanding of students' concepts. The type of research and development used refers to the theory of R&D Borg and Gall. The population of this study were all teachers and fifth grade students at SDN 3 Bumiwaras sub-district with a total of 7 teachers and 196 students. The sample for this research was fifth grade students at SDN 3 Bumiwaras who were selected through a purposive sampling technique. Data collection techniques are in the form of observation, documentation, questionnaires, and tests. Data analysis using percentage descriptive analysis for expert and practitioner validation. Then quantitative analysis using t test and proportion test to test the effectiveness. The results of this research reveal that the realistic problem-based mathematics teaching materials developed are valid and practical to use based on the results of expert validation and the results of the questionnaire response of teachers and students. Data analysis in this study used the T test and the proportion test. Based on the results of the research and discussion, it shows that mathematics teaching materials based on realistic problems are effective in increasing students' understanding of concepts. Keywords: Mathematics Teaching Materials, Realistic Problems, Concept Understanding

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2208454235 . Digilib
Date Deposited: 20 Dec 2022 08:06
Terakhir diubah: 20 Dec 2022 08:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67891

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir