PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA PERAWAT RS DI LAMPUNG TENGAH

Koko Simarmata, 1411011061 (2021) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA PERAWAT RS DI LAMPUNG TENGAH. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - koko.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - koko.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1563Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - koko.pdf

Download (1666Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behavior (OCB) perawat rumah sakit di Lampung Tengah, dan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior (OCB) perawat rumah sakit di Lampung Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kasual dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah perawat Rumah Sakit yang berada di Lampung Tengah dan sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 120 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan metode accidental sampling. Hasil penelitian ini mendukung hipotesis yang diajukan yaitu: (1) komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior (OCB), (2) kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior (OCB). Saran bagi Rumah Sakit untuk lebih memberikan motivasi kepada perawat agar perawat mampu berupaya lebih untuk rumah sakit, diharapkan perawat mampu memperbaiki prilakunya saat bekerja di rumah sakit dan tidak berpikiran umtuk meninggalkan rumah sakit dan rumah sakit diharapakan dapat meningkakan kepuasan kerja perawat rumah sakit. Terutama dalam hal hubungan antar rekan kerja. Dalam suatu tim yang baik akan membuat pekerjaan terasa lebih menyenangkan. Kata kunci : komitmen organisasi, kepuasan kerja, Organizational Citizenship Behavior.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Manajemen
Pengguna Deposit: AM.d Firlia Hidayah
Date Deposited: 10 Jan 2023 08:39
Terakhir diubah: 10 Jan 2023 08:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68158

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir