PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VA SD NEGERI 7 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Sukeri, WITA PURNAMA (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VA SD NEGERI 7 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1232Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (43Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar belakang penelitian ini didasari oleh hasil observasi dan wawancara peneliti dengan guru dan siswa kelas VA SD Negeri 7 Metro Barat. Hasil observasi dan wawancara tersebut memberikan informasi kepada peneliti bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn masih rendah. Hasil belajar siswa pada semester ganjil untuk mata pelajaran PKn hanya mencapai 55, sedangkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 70. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning tipe talking stick. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dan dilakukan dengan 3 siklus yang setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dan tes. Observasi menggunakan lembar panduan observasi aktivitas siswa dan kinerja guru yang dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif serta tes untuk mengukur hasil belajar siswa yang dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I yaitu 49,48 (sedang), pada siklus II 64,59 (tinggi), dan pada siklus III 75,69 (tinggi). Dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 15,11 dan dari siklus II ke siklus III sebesar 11,10. Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (57,22), siklus II (66,11), dan siklus III (81,11). Dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 8,89 dan dari siklus II ke siklus III sebesar 15,00. Kata kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Cooperative Learning tipe Talking Stick, dan PKn.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:12
Terakhir diubah: 03 Feb 2014 04:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/682

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir