PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI HUKUM NEWTON

Fitri Indah Sari, 1713022011 (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI HUKUM NEWTON. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Fitri Indah Sari.pdf

Download (143Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL SKRIPSI - Fitri Indah Sari.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1896Kb)
[img]
Preview
File PDF
FULL SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Fitri Indah Sari.pdf

Download (1712Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan WhatsApp terhadap hasil belajar siswa SMA pada materi hukum newton. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Purbolinggo tahun ajaran 2019/2020. Populasi pada penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas X MIA, dengan sampel kelas X MIA 1 sebanyak 31 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test design dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakaan yaitu, uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t-test, uji N-Gain, dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan selisih rata-rata perolehan nilai pre-test dan post-test pada pertemuan pertama sebesar 2,13 dan pertemuan kedua sebesar 3,19 sehingga diperoleh rata-rata selisih total yaitu sebesar 2,66. Rata-rata N-Gain pada pertemuan pertama sebesar 0,74 dan pertemuan kedua sebesar 0,84 sehingga keduanya berkategori tinggi. Hasil uji effect size sebesar 0,69 berkategori sedang dengan kisaran besar sudut kemiringan yang dihasilkan yaitu sebesar 31,5o . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan WhatsApp terdapat hasil belajar. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Siswa

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: AM.d Firlia Hidayah
Date Deposited: 11 Jan 2023 03:34
Terakhir diubah: 11 Jan 2023 03:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68226

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir