PENGARUH MULTI-STAGE DISCUSSION DENGAN GOOGLE CLASSROOM DAN WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN HUKUM NEWTON TENTANG GERAK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

SULISTIA NINGSIH, 1713022042 (2021) PENGARUH MULTI-STAGE DISCUSSION DENGAN GOOGLE CLASSROOM DAN WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN HUKUM NEWTON TENTANG GERAK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Sulistia Ningsih.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL SKRIPSI - Sulistia Ningsih.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2403Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Sulistia Ningsih.pdf

Download (2403Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan multi-stage discussion dengan Google Classroom dan WhatsApp pada materi Hukum Newton tentang Gerak terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Media Google Classsroom digunakan untuk diskusi kelompok besar dan WhatsApp untuk diskusi kelompok kecil. Desain dalam penelitian ini menggunakan metode pre- experimental bentuk one-group pretest-posttest design dengan teknik pengambilan sampel secara purposive. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Bangunrejo selama tiga kali pertemuan dengan kelas sampel X MIPA 1 dan X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 60 siswa pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Data dianalisis menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000. Setelah diterapkan pembelajaran multi-stage discussion dengan Google Classroom dan WhatsApp kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dari kategori sangat rendah menjadi sedang dengan rata-rata N-Gain adalah sebesar 0,66. Peningkatan tertinggi terjadi pada indikator physich approach dan mathematical procedure dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,71 dan peningkatan terendah pada indikator usefull description dengan rata-rata N-Gain, yaitu sebesar 0,63. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran multi-stage discussion dengan Google Classroom dan WhatsApp pada materi Hukum Newton tentang Gerak berpengaruh sedang terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci : Google Classroom, Kemampuan Pemecahan Masalah, Multi-Stage Discussion, WhatsApp.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: AM.d Firlia Hidayah
Date Deposited: 11 Jan 2023 03:29
Terakhir diubah: 11 Jan 2023 03:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68230

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir