PEMANFAATAN MEDIA POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR KELAS VII DI SMP NEGERI 1 ABUNG SELATAN

Nurul Hasanah, 1513041036 (2021) PEMANFAATAN MEDIA POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR KELAS VII DI SMP NEGERI 1 ABUNG SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Atalah Printing.pdf

Download (173Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Atalah Printing.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3262Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Atalah Printing.pdf

Download (2494Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan pemanfaatan media power point dalam pembelajaran teks prosedur kelas VII di SMP Negeri 1 Abung Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah media power point. Data dalam penelitian ini ialah kutipan-kutipan yang terdapat dalam perencanaan dan pelaksanaan pemanfaatan media power point dalam pembelajaran teks prosedur kelas VII di SMP Negeri 1 Abung Selatan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini ada tiga tahap, yaitu reduksi data, menampilkan data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perencanaan media power point dalam pembelajaran teks prosedur kelas VII di SMP Negeri 1 Abung Selatan sudah baik. Terdapat 7 indikator dalam instrumen perencanaan media power point yaitu, satu slide satu pesan, sederhana, perkuat penjelasannya bukan mengulang pesannya, kuat secara visual, gunakan teks dengan ringkas, hindari bullet point, alur yang teratur, dan guru telah mengaplikasikannya dengan baik. Pada pelaksanaan media power point dalam pembelajaran teks prosedur kelas VII di SMP Negeri 1 Abung Selatan sudah baik. Guru telah mengaplikasikan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup dengan menggunakan power point sesuai indikator instrumen. Pada pelaksanaan pembelajaran, siswa hanya terfokus pada tampilan power point, hanya sedikit siswa yang mau mencatat hal-hal penting dalam materi. sehingga guru mengulangi untuk menjelaskan. Hal ini tentunya guru telah penanganinya dengan baik agar materi pembelajaran tersampaikan. Penelitian perencanaan media power point menggunakan teori dari Tirta tentang merancang slide presentasi dan penelitian pelaksanaan pembelajaran menggunakan RPP yang dibuat oleh guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media power point sudah baik. pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media power point tentu terdapat faktor penghambat dan pendukung yang mana guru sebagai tenaga pendidik harus teliti dan cerdas dalam meminimalisir hambatan-hambatan yang akan dirasakan. Hal ini tidak hanya berlaku pada media power point saja, media pembelajaran lain pun sama. Kata kunci: perencanaan, pelaksanaan, media, power point.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: AM.d Firlia Hidayah
Date Deposited: 12 Jan 2023 04:11
Terakhir diubah: 12 Jan 2023 04:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68239

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir