PENGARUH METODE BERMAIN PERAN MAKRO TERHADAP KETERAMPILAN MEMBANTU DIRI (SELF HELP SKILL) ANAK KELOMPOK B (Studi Eksperimen di TK Amarta Tani HKTI Kelurahan Kampung Baru Raya Kecamatan Labuhan Ratu Bandar Lampung)

CHIKA PRASETYA, BERNADETA (2022) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN MAKRO TERHADAP KETERAMPILAN MEMBANTU DIRI (SELF HELP SKILL) ANAK KELOMPOK B (Studi Eksperimen di TK Amarta Tani HKTI Kelurahan Kampung Baru Raya Kecamatan Labuhan Ratu Bandar Lampung). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2207Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1885Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak anak usia dini yang belum terampil dalam membantu dirinya sendiri seperti tidak membawa barangnya sendiri ketika di sekolah, dan masih ada beberapa anak yang belum bisa memakai baju sendiri serta terbiasa didampingi, dibantu, dan juga dilayani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran makro terhadap keterampilan membantu diri (self help skill) anak kelompok B di TK Amarta Tani HKTI. Jenis pendekatan penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-randomized pre-test posttest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik Uji-T dengan Independent-Sample T-Test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa didapatkan hasil bahwa selisih rata-rata nilai pre-test dan nilai post-test kelas eksperimen yang diberikan perlakuan lebih besar dibandingkan dengan selisih rata-rata nilai pre-test dan nilai post-test kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Kata Kunci: bermain peran makro, keterampilan membantu diri

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Anak Usia Dini
Pengguna Deposit: 2301381101 . Digilib
Date Deposited: 20 Jan 2023 06:25
Terakhir diubah: 20 Jan 2023 06:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68400

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir