STRATEGI PERKUMPULAN KELUARGA BERENCANA INDONESIA (PKBI) DALAM MENURUNKAN ANGKA HIV/AIDS MELALUI PENINGKATAN KESADARAN PEKERJA SEKS PEREMPUAN (PSP) (Studi Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Lampung)

Andara Putri, Sistia (2022) STRATEGI PERKUMPULAN KELUARGA BERENCANA INDONESIA (PKBI) DALAM MENURUNKAN ANGKA HIV/AIDS MELALUI PENINGKATAN KESADARAN PEKERJA SEKS PEREMPUAN (PSP) (Studi Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh PKBI Lampung dalam menanggulangi angka HIV/AIDS di Kota Bandar Lampung melalui program Pencegahan HIV bagi Pekerja Seks Perempuan. Penelitian ini berbasis penelitian kualitatif dengan mengedepankan peneliti sebagai instrumen penelitian sehingga peneliti mendapatkan cerita-cerita naratif dari banyak informan yang kemudian disusun menjadi hasil penelitian. Penelitian ini melibatkan 7 orang informan yang terdiri dari eksekutif PKBI, pelaksana program dari PKBI, 3 orang Peer Leader (PL), serta 2 orang Peer Educator (PE) sekaligus sebagai perwakilan Pekerja Seks Perempuan (PSP). Hasil peneitian menunjukkan bahwa PKBI Lampung memilih strategi pendekatan persuasif kepada PSP dan mencoba memperbaiki keadaan melalui peningkatan kesadaran di kalangan PSP dalam menurunkan angka HIV/AIDS. Peningkatan kesadaran terkait pentingnya menggunakan alat kontrasepsi dan kesadaran akan risiko dari pekerjaan sebagai PSP dijelaskan melalui Peer Educator dan Tutor Sebaya. Pendidikan melalui Tutor Sebaya mengedepankan pada aspek Head, Heart dan Hand yang merupakan pendidikan terbaik. PKBI melalui PE dan PL juga mendengarkan segala cerita dan keresahan dari PSP untuk kemudian dicarikan jalan keluar. PKBI juga terlibat aktif, bahkan ketika ada PSP yang menjadi ODHA untuk pendampingan. Dalam kegiatannya, PKBI tidak berjalan sendiri, melainkan melibatkan beberapa stakeholder demi menjaga keberlangsungan program yang sudah dijalankan. Rekomendasi dalam penelitian ini adalah bahwa harus ada sinergitas yang terbentuk antara PKBI dan PSP agar kooperatif dan pada akhirnya bisa mewujudkan zero new infections pada kasus HIV/AIDS di Kota Bandar Lampung. Kata Kunci: Pekerja Seks Perempuan, Tutor Sebaya, Peer Leader, Peer Educator, HIV/AIDS

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2301944424 . Digilib
Date Deposited: 26 Jan 2023 07:21
Terakhir diubah: 26 Jan 2023 07:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68494

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir