PENGEMBANGAN LKPD MENULIS TEKS CERITA PENDEK DENGAN METODE CERPEN-GRAM BERBASIS LIVEWORKSHEETS UNTUK SISWA SMP/MTS KELAS IX TAHUN AJARAN 2021/2022

LENNY , RAHMAWATI (2022) PENGEMBANGAN LKPD MENULIS TEKS CERITA PENDEK DENGAN METODE CERPEN-GRAM BERBASIS LIVEWORKSHEETS UNTUK SISWA SMP/MTS KELAS IX TAHUN AJARAN 2021/2022. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1358Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1060Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKPD menulis teks cerpen dengan metode Cerpen-Gram berbasis Liveworksheets untuk siswa kelas IX SMP/MTs dan mengetahui kelayakan nya sebagai LKPD di sekolah. LKPD dalam penelitian ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran secara daring maupun luring dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran pada kompetensi dasar mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Prosedur yang dilakukan mengacu pada prosedur pengembangan Brog dan Gall yang disederhanakan oleh peneliti. Peneliti mengadaptasi kesepuluh langkah dalam model penelitian dan pengembangan Borg and Gall sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan peneliti. Langkah-langkah hasil adaptasi tersebut dibagi menjadi tiga tahapan utama. Tiga tahapan tersebut di dalamnya adalah (1) hasil penelitian pendahuluan; (2) proses pengembangan produk; (3) uji praktisi atau teman sejawat; (4) uji ahli atau pakar; (5) revisi; (6) uji coba lapangan terbatas; (7) uji coba lapangan luas; dan (8) produk akhir dan tahap diseminasi (penyebarluasan) tidak dilakukan dalam penelitian ini karena berkaitan dengan pembiayaan penerbitan produk dan implementasi produk di lapangan dalam skala luas. Pengambilan data dilakukan dengan uji praktisi atau teman sejawat, uji validitas ahli materi, ahli media dan peserta didik tingkat SMP. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini berupa angket. Analisis yang dilakukan dengan mengubah data kuantitatif ke data kualitatif menggunakan konversi skala 4. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah LKPD berbasis Liveworksheets yang telah dinyatakan sangat layak digunakan oleh ahli praktisi atau teman sejawat, ahli materi, dan ahli media sebagai salah satu sumber belajar. Kelayakan LKPD berdasarkan hasil validasi praktisi atau teman sejawat di SMP N1 Bumi Agung terhadap aspek desain pembelajaran, operasional dan komunikasi visual ditandai dengan skor rata-rata 50 dan rerata presentase 83, 3% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi praktisi atau teman sejawat di SMP PGRI 1 Bumi Agung terhadap aspek desain pembelajaran, operasional dan komunikasi visual ditandai dengan skor rata-rata 53 dan rerata presentase 88, 3% dengan kategori sangat layak Hasil validasi ahli materi terhadap aspek karakteristik LKPD ditandai dengan skor rata-rata 45 dan rerata presentase 86,53% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli media terhadap aspek ukuran LKPD, perangkat lunak, komunikasi visual, dan karakteristik LKPD ditandai dengan skor rata-rata 59 dan retata presentase 86,74% dengan kategori sangat layak. Kata kunci: pengembangan, lkpd, teks cerita pendek, dan siswa SMP.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 2301896961 . Digilib
Date Deposited: 26 Jan 2023 07:18
Terakhir diubah: 26 Jan 2023 07:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68505

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir