IMAJI PADA KUMPULAN PUISI CELANA KARYA JOKO PINURBO DAN RANCANGAN PEMBELAJARANNYA DI SMA

SABILI GUNAWAN, RAMA (2022) IMAJI PADA KUMPULAN PUISI CELANA KARYA JOKO PINURBO DAN RANCANGAN PEMBELAJARANNYA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2600Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2451Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan imaji yang terdapat pada kumpulan puisi Celana karya Joko Pinurbo dan rancangan pembelajarannya di SMA. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan serta mengklasifikasikan jenis imaji dalam kumpulan puisi Celana karya Joko Pinurbo dan rancangan Pembelajaran Sastra berdasarkan penelitian imaji dalam kumpulan puisi Celana karya Joko Pinurbo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan menjadikan puisi-puisi Celana karya Joko Pinurbo sebagai sumber data. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah jenis imaji dengan memanfaatkan unsur pembangun puisi sebagai penunjang imaji dari setiap puisi Celana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kumpulan puisi Celana karya Joko Pinurbo penyair menggunakan enam jenis imaji, yaitu visual, auditori, penciuman, rasaan/pencecapan, taktil, dan kinestetik. Unsur pembangun puisi yang digunakan sebagai penunjang imaji dalam kumpulan puisi Celana terbagi atas 6 kategori, yaitu diksi, kata konkret, majas, nada, rasa, dan tema. Pengetahuan tentang imaji dalam puisi sangat berguna membantu minat siswa terhadap suatu karya sastra puisi. pembaca puisi terutama siswa di sekolah sulit untuk memaknai puisi secara menyeluruh sehingga puisi kurang dinikmati oleh siswa. pada sebuah karya sastra puisi, ide dari penulis yang semulanya abstrak dapat ditangkap oleh pembaca. Hasil penelitian ini dapat dirancang pembelajarannya sebagai alternatif pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Atas (SMA), khususnya kelas X semester genap dengan kompetensi dasar menganalisis unsur pembangun puisi dan tujuan pembelajaran siswa mampu menganalisis imaji yang terdapat pada puisi. Kata kunci : Imaji, kumpulan puisi, rancangan pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2208644990 . Digilib
Date Deposited: 31 Jan 2023 07:29
Terakhir diubah: 31 Jan 2023 07:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68606

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir