MAKNA HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA KELUARGA ANAK PENYINTAS COVID-19 (Studi 5 Keluarga di Desa Sukaraja Kecamatan Gedong Tataan, Pesawaran)

Lutfia Rizki Kartika, 1816011075 (2022) MAKNA HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA KELUARGA ANAK PENYINTAS COVID-19 (Studi 5 Keluarga di Desa Sukaraja Kecamatan Gedong Tataan, Pesawaran). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMABAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang makna dan perilaku hidup bersih dan sehat pada lima keluarga dengan anak penyintas Covid-19. Setiap keluarga memiliki pandangan yang beragam terhadap hidup bersih dan sehat, ditambah adanya riwayat permasalahan kesehatan dalam hal ini pengalaman terinfeksi Covid-19 memunculkan suatu tanda tanya terkait bagaimana pola hidup bersih dan sehat yang berlangsung dalam keluarga. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Data-data tersebut kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hidup bersih dan sehat dimaknai oleh keluarga sesuai dengan konstruksi berpikirnya masing-masing, makna tersebut bervariatif antar keluarga, dan belum sepenuhnya sesuai pedoman PHBS sebagai standar kesehatan modern. Adapun perilaku hidup bersih dan sehat yang dijalankan dalam keluarga di antaranya yaitu memperhatikan asupan makanan seperti mengandung gizi, minum suplemen vitamin tambahan, minum jamu, selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan tempat tinggal, berjemur di pagi hari, memberikan vaksin terutama untuk anak, kemudian terakhir selalu memakai masker ketika hendak berpergian ke tempat umum. Kata Kunci: Hidup Bersih, Hidup Sehat, Penyintas Covid, Keluarga.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2301739450 . Digilib
Date Deposited: 03 Feb 2023 02:53
Terakhir diubah: 03 Feb 2023 02:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68707

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir