IDENTIFIKASI FAKTOR YANG MEMENGARUHI PELAPORAN INSIDEN KESELAMATAN PASIEN PADA TENAGA KESEHATAN PUSKESMAS DI KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2022

Amalia Tirzaningrum, 1918011033 (2023) IDENTIFIKASI FAKTOR YANG MEMENGARUHI PELAPORAN INSIDEN KESELAMATAN PASIEN PADA TENAGA KESEHATAN PUSKESMAS DI KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2022. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1555Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1399Kb) | Preview

Abstrak

Latar Belakang: Terdapat banyak penelitian mengenai pelaporan insiden keselamatan pasien di rumah sakit baik di dunia maupun di Indonesia, tetapi masih sedikit penelitian di Indonesia yang meneliti mengenai faktor-faktor yang memengaruhi pelaporan IKP di puskesmas. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor usia, jenis kelamin, pendidikan terakhir, masa kerja, status kepegawaian, persepsi, sikap, motivasi dan kepemimpinan terhadap pelaporan insiden keselamatan pasien tenaga kesehatan di puskesmas Bandar Lampung tahun 2022. Metode: Desain penelitian ini menggunakan cross sectional. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan besar sampel penelitian 100 tenaga kesehatan yang memenuhi kriteria inklusi. Lokasi penelitian ini adalah dua puskesmas di kota Bandar Lampung, Indonesia yang berlangsung pada bulan Oktober-November tahun 2022. Variabel dependen yaitu pelaporan insiden keselamatan pasien, sedangkan variabel independen yaitu usia, jenis kelamin, pendidikan terakhir, masa kerja, status kepegawaian, persepsi, sikap, motivasi dan kepemimpinan. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Data kemudian dianalisis menggunakan regresi logistik berganda dengan nilai signifikan < 0,05. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh status kepegawaian (0,015), persepsi (p= 0,001), sikap (p= 0,003) dan motivasi (p=0,034) terhadap pelaporan insiden keselamatan pasien. Sedangkan usia, jenis kelamin, pendidikan terakhir, masa kerja dan kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap pelaporan insiden keselamatan pasien (p>0,05). Kesimpulan: Ada pengaruh status kepegawaian, persepsi, sikap dan motivasi terhadap pelaporan insiden keselamatan pasien pada tenaga kesehatan puskesmas di kota Bandar Lampung tahun 2022. Peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan intervensi guna meningkatkan persepsi, sikap dan motivasi sehingga dapat meningkatkan pelaporan insiden keselamatan pasien di puskesmas. Kata kunci: keselamatan pasien, pelaporan insiden keselamatan pasien, tenaga kesehatan, puskesmas, Indonesia.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2301219504 . Digilib
Date Deposited: 06 Feb 2023 04:30
Terakhir diubah: 06 Feb 2023 04:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68785

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir