IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIIIA DI SMP NEGERI 1 AIR HITAM KABUPATEN LAMPUNG BARAT TAHUN AJARAN 2021/2022

Evi , Ardila (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIIIA DI SMP NEGERI 1 AIR HITAM KABUPATEN LAMPUNG BARAT TAHUN AJARAN 2021/2022. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran di sekolah merupakan kegiatan yang melibatkan interaksi antara guru dengan siswa untuk menyalurkan ilmu pengetahuan, bertukar informasi maupun pendapat. Pembelajaran blended learning cocok diterapkan di SMP Negeri 1 Air Hitam. Blended Learning merupakan Model pembelajaran yang memadukan 2 metode pembelajran offline dan online. Model pembelajaran ini memanfaatkan koneksi internet untuk mrelakukan salah satu komponennya, yaitu online learning yang memanfaatkan aplikasi tertentu. Berdasarkan hal tersebut yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimana implementasi model blended learning dalam pembelajaran IPS kelas VIIIA SMPN 1 Air Hitam. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Air Hitam. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik sampling menggunakan purposive sampling yang ditujukan kepada kepala sekolah, guru IPS dan beberapa siswa SMPN 1 Air Hitam. Uji validitas data dengan triangulasi teknik dan analisis data dengan analisis interaksi yang langkah-langkahnya mulai dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran blended learning di sudah terlaksana dimulai dari perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru seperti perangkat pembelajaran, mengatur jadwal pembelajaran antara tatap muka dan online, dan bahan ajar untuk pembelajaran blended learning. Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan sintaks blended learning yaitu seeking of information, acquisition of information dan shyntesizing of knowledge yang dilakukan baik pada pembelajaran online maupun tatap muka. Penilaian pembelajaran blended learning meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diamati pada pembelajaran online dan tatap muka denganiii cara tertentu. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini bahwa implementasi model blended learning di kelas VIII A dapat dilihat melalui kegiatan perencanaan bahwa guru sudah menyiapkan perangkat pembelajaran, jadwal dan bahan ajar. Pada kegiatan pelaksanaan sudah sesuai dengan sintaks blended learning. Pada kegiatan penilaian dilakukan secara tatap muka dan online. Saran yang bisa diberikan dari penelitian ini ialah: (1) Pemanfaatan media online harus dimaksimalkan, (2) Pihak sekolah seharusnya memperbaiki koneksi internet dan komputer, (3) Bagi lembaga pendidikan dapat meningkatkan teknologi edukasi kedalam pembelajaran. Kata kunci: Implementasi, Blended Learning, Mata Pelajaran IPS

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 2301954198 . Digilib
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:49
Terakhir diubah: 07 Feb 2023 02:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68826

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir