PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS VIDEO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

AFLAHA , ASRI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS VIDEO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. FAFAKULTAS KEPENDIDIKAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1464Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1390Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V di UPT SDN 3 Perumnas Way Halim yang diduga karena pendidik masih menggunakan media pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media berbasis video terhadap motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik kelas V di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian quasieksperiment menggunakan desain posttest-only control group design . Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang peserta didik yang terbagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengambilan data menggunakan lembar kuesioner dan tes. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai sigifikansi sebesar 0.000 (p=<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) terdapat pengaruh media berbasis video terhadap motivasi belajar. Hal ini dibuktikan oleh signifikan uji Z 0.00< 0,05. Rata-rata motivasi kelas eksperimen (68.35) dan lebih tinggi daripada kelas kontrol (60.39), (2) terdapat pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan signifikan uji t 0.296 > 0.05. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 75.5 dan kontrol 69,83. Kata kunci: hasil belajar, motivasi, video pembelajaran

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301177401 . Digilib
Date Deposited: 07 Feb 2023 08:03
Terakhir diubah: 07 Feb 2023 08:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68882

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir